10 Oleh-Oleh Khas Indramayu Terkenal Dan Wajib Dibawa Pulang

Liburan ke sebuah tempat untuk mendinginkan pikiran dan juga jasmani setelah penat dengan kegiatan sehari – hari pasti saja menjadi suatu hal yang sangat mengasyikkan dan tidak sedikit dipilih oleh masyarakat. Dan Indramayu sendiri tidak jarang dijadikan sebagai lokasi liburan sebab memiliki sekian banyak  tempat wisata unik dan pun kulinernya yang lezat – lezat. Selain tersebut juga ada bebeapa makanan yang dapat dijadikan sebagai oleh – oleh. Bicara mengenai oleh – oleh yang dapat dibawa guna keluarga ataupun saudara di rumah, maka inilah ini ialah beberapa opsi oleh oleh khas Indramayu yang mesti unuk kita bawa pulang:

  1. Buah Mangga

Yang kesatu ialah buah mangga, barangkali untuk beberapa orang berpikir mengapa mesti mangga, menilik mangga bisa ditemukan dimana saja. Namun terdapat yang bertolak belakang dari mangga yang satu ini, Indramayu sendiri memang familiar akan buah mangganya. Dalam artian jenis dari buah mangga yang mana menjadi primadona di Indramayu sendiri adalahmangga gedong gincu dan pun mangga harum manis. Bagi mangga khas Indramayu ini sendiri memiliki daging buah yang padat dan rasanya pun manis, sampai-sampai tak heran andai menjadi kesayangan masyarakat sekitar. Dan sebab rasanya yang manis dan daging yang padat, maka tak heran bila tidak sedikit wisatawan yang hendak membawa kembali mangga itu sebagai oleh – oleh guna keluarga di rumah.

 

  1. Kerupuk Bonggol Pisang

Kemudian yang kedua ialah kerupuk bonggol pisang, memang mustahil dipungkiri andai masyarakat Indramayu ini terbilang kreatif di dalam mengolah sekian banyak  macam bahan makanan, salah satunya ialah bonggol pisang. Bagian dari pohon pisang yang dialami sebagai sampah ini ternyata dapat diolah menjadi sebuah masakan yang lezat dan renyah, dimana diolah menjadi kerupuk bonggol pusang. Ide yang mana berasal dari Desa Pringcala tersebut sudah terbukti dapat dijadikan sebagai lahan bisnis yang sangat menjanjikan. Dengan mengemas kerupuk bonggol pisang tersebut sampai dengan kemasan yang kekinian serta modern dan memasarkannya dengan sosial media, sekarang ini makanan khas Indramayu ini tidak tidak banyak dijadikan sebagai oleh – oleh.

 

  1. Keripik Tike

Lalu yang ketiga ialah keripik tike, di samping kerupuk bonggol pisang, ada pun keripik tike, dimana makanan ini adalah sebuah keripik dengan bahan dasar umbi rumput teki. Makanan ini pun menjadi kesayangan masyarakat dan semua wisatawan. Mungkin saja tidak sedikit di antara kita yang mana penasaran bagaimana rasa dari bahan yang tak biasa tersebut. Namun ternyata keripik tike ini mempunyai cita rasa yang enak, dimana renyah, terlebih lagi dengan bumbu – bumbu spesial. Dengan urusan itu ternyata membuat tidak sedikit wisatawan yang penasaran dan pun rela guna merogoh kocek hingga dengan 120 ribu rupiah untuk dapat mendapatkan 1 kg keripik tike ini.

 

  1. Dodol Raragudig

Yang keempat ialah dodol Raragudig, Daerah Jawa Barat, terutama Indramayu memang paling terkenal bakal olahan dodolnya sebagai di antara oleh oleh khas Indramayu. Dan dodol khas Indramayu sendiri memang tergolong kuliner zaman dulu yang bisa bertahan hingga dengan sekarang. Hal tersebut pasti saja tidak lepas dari cita rasanya yang memang tidak jarang kali terjaga. Terlebih lagi dodol Raragudig memang sengaja diciptakan menggunakan gula pribumi serta tanpa pemanis buatan. Dan guna rasanya sendiri terkesan alami.

 

  1. Ikan Kering

Ada pun ikan kering, dimana sebagai sebuah wilayah yang berada di sekitar pantai, pasti saja Indramayu ini menawarkan oleh – oleh laksana ikan kering sebagai khasnya. Banyak dari wisatawan yang menyempatkan untuk melakukan pembelian ikan kering saat mendatangi Indramayu. Hal tersebut sebab oleh – oleh ini memang sangat gampang untuk diangkut serta lumayan awet.

Jadi andai Anda hendak mencobanya, maka dapat membeli jenis teri belah ataupun teri nasi. kita juga dapat mencoba untuk melakukan pembelian japu manis yang telah diserahkan taburan ketumbar dan pun gula merah.

 

  1. Kue Koci

Selanjutnya ada pun kue koci yang adalah sebuah jenis makanan yang tidak jarang kali terdapat di sejumlah acara pesta masyarakat sana. Di area Bandung sendiri, kue koci lebih dikenal dengan kue bugis. Selain tersebut kue koci ini tidak jarang kali didampingi dengan kue yang mempunyai nama nagasari. Pada dasarnya kue koci ini diciptakan dari bahan tepung ketan yang disusun prisma. Tepung ketan ini sendiri dipenuhi dengan parutan kelapa yang telah dimasak bareng dengan gula merah. Selain tersebut juga sering dipenuhi dengan kacang hijau yang telah dihaluskan bareng gula. Pada dasarnya kue koci ini sendiri dibalut menggunakan daun pisang, lantas dimasak dengan teknik dikukus. Dan guna proses pematangan dari kue ini sendiri memang lebih lama bila dikomparasikan dengan kue nagasari.

 

  1. Sirup Mangga

Kemudian ada pun sirup mangga khas dari Indramayu, ini memang tidak sedikit diburu oleh semua wisatawan yang berlibur di Indramayu. Biasanya sirup mangga ini diciptakan dari buah mangga gedong gincu yang diubah dengan memakai ahan alami tanpa pemanis buatan. Bagi pembuatannya sendiri ialah buah mangga dikupas dan diblender hingga hancur kemudian diubah menjadi sirup. Biasanya oleh – oleh ini dibanderol dengan harga selama 20 ribu rupiah per botol.

 

  1. Kerupuk Kulit

Lalu ada pun kerupuk kulit, dimana ada dua jenis opsi kerupuk kulit khas dari Indramayu, adapun pilihannya sendiri ialah kerupuk kulit yang tercipta dari bahan kulit sapi dan pun dari kulit ikan. Kedua jenis kerupuk kulit itu memang terasa gurih dan juga tidak sedikit diminati oleh semua wisatawan. Tanpa bahan pengawetpun kerupuk kulit ini pun cukup tahan lama sehingga sangat sesuai dijadikan sebagai suatu oleh oleh khas Indramayu.

 

  1. Keripik Buah Mangga

Satu lagi yang berjenis keripik, Indramayu ini memang familiar akan buah mangganya, oleh karena tersebut tak heran andai terdapat sekian banyak  macam olahan dari buah mangga, di samping dodol mangga dan sirup mangga, pun ada olahan mangga yang lainnya, yakni keripik mangga. Karena keripik mangga ini lebih tahan lama dan tahan lama, maka tidak sedikit diminati oleh tidak sedikit wisatawan sebagai oleh – oleh khas dari Indramayu.

 

  1. Cimplo

Selain tersebut ada pun cimplo yang mana makanan ini tidak jarang kali disajikan pada sejumlah acara adat yang terdapat di Indramayu. Bahan yang dipakai untuk menciptakan cimplo ini sendiri ialah tepung beras, lantas tape singkong, air kelapa tua dan pun bibit roti. Semua bahan itu nantinya akan diciptakan menjadi suatu adonan, kemudian untuk teknik memasaknya sendiri ialah dikukus. Makanan ini sendiri seringkali akan disajikan dengan memakai air gula yang mana tercipta dari gula merah, parutan kelapa dan pun daun pandan. Makanan ini pun sering kali dijadikan sebagai oleh – oleh kesayangan masyarakat.

Jadi itulah sejumlah makanan yang tidak jarang kali dikejar oleh tidak sedikit wisatawan sebagai suatu oleh oleh khas Indramayu. Jadi ketika liburan di wilayah Indramayu, kita jangan melulu menikmati keindahan objek wisata dan pun menikmati kulinernya saja. Tetapi ketika akan kembali nanti, tak terdapat salahnya andai Anda menjadikan sejumlah makanan itu sebagai oleh – oleh guna keluarga dan rekan di rumah.

 

Anda bisa mendapatkan semua oleh oleh khas Indramayu di toko kami :
Toko Oleh Oleh Indramayu
Jl.Perum Kepandean Regency Blok D No. 19-20 Kepandean – Kec. Indramayu Kab. Indramayu – Jawa Barat Indonesia (45214)
Call/SMS/WA : 085314748828
E-mail :admin@oleholehindramayu.co.id
Website :https://oleholehindramayu.co.id

#alamat oleh oleh khas indramayu, #oleh oleh ciri khas indramayu, #pusat oleh oleh khas indramayu, #toko oleh oleh khas indramayu

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *