6 CARA MENCUCI SOFA KAIN SENDIRI DENGAN BENAR

Cara membasuh sofa kain sendiri tampaknya susah dan memakan masa-masa lama. Namun sebetulnya mudah, bilamana Anda memahami caranya. Anda dapat memilih teknik paling mudah, yakni dengan membawanya ke lokasi pencucian sofa. Anda melulu tinggal menelepon kantor jas pencucian sofa, maka pihak service akan membawa sofa kita untuk dibersihkan dan dikirimkan kembali sesudah selesai. Apabila Anda hendak mencucinya sendiri, urusan itu juga dapat dilakukan. Kami bakal mengulas teknik mencuci sofa kain sendiri tanpa kesulitan.

Baca Buku Petunjuk
Cara membasuh sofa kain yang kesatu ialah dengan memahami jenis sofa kain Anda. Bahan material sofa dan tuntunan pencucian dapat Anda baca di kitab petunjuk dari toko. Masing-masing pabrik tidak jarang kali menyertakan kitab panduan dan informasi seluk-beluk sofa yang diproduksi. Sofa kain khusus laksana beledu lumayan rumit dan memerlukan perawatan khusus. Utamanya jenis bahan pembersih atau sabun boleh dan tidak boleh dipakai untuk sofa kain Anda. Oleh sebab tersebut pahami baik-baik kitab petunjuk sebelum membasuh sofa.

Ada jenis sofa kain yang dapat dilepas penutupnya. Jenis laksana ini justeru lebih sederhana dan gampang untuk dicuci. Anda bermukim melepas penutup sofa secara hati-hati. Kemudian cuci penutup sofa dengan teknik merendamnya sebentar dalam air sabun yang lembut. Atau dapat juga kita masukkan ke mesin cuci dengan memilih jenis sabun cair yang lembut dan tidak menciptakan penutup sofa berubah warna. Apabila sofa kain kita tidak dapat dilepas, maka ikuti tahapan mencuci sofa kain sendiri selanjutnya. (baca juga: Kesalahan dalam Desain Interior Rumah Sederhana)

Sedot Debu Menyeluruh
Cara membasuh sofa kain yang kedua ialah melakukan pembersihan sofa dari debu dan remah makanan yang tercecer dengan vakum cleaner. Utamakan bagian-bagian sudut yang tidak jarang terjadi penumpukan debu. Hal ini dimaksud supaya saat pencucian sofa kain Anda, debu-debu dapat tuntas tak berbekas. Apabila masih ada sisa debu dan remah makanan tercecer di sudut sofa, tentunya ketika pencucian tumpukan debu bakal menyerap air dan memunculkan noda lumpur atau bahkan bau tak sedap. (baca juga: Cara Menata Ruangan Rumah Sederhana)

Gunakan penyedot debu dengan ujung yang eksklusif untuk mencuci sofa kain. Lakukan penyedotan debu di permukaan sofa dengan satu arah. Mulai dari unsur atas sofa sampai bagian dasarnya. Jangan tak sempat menyetel penyedot debu dengan kekuatan ringan, tidak boleh terlalu tinggi. Sebab jenis sofa kain linen, sutra, beludru, dan korduroi lumayan sensitif permukaannya. Sofa kain berbahan itu cukup tidak sedikit menyimpan debu. Oleh sebab tersebut jangan lupakan unsur bawah bantal, unsur sudut dan sepanjang jahitan. (baca juga: Cara Menghias Kamar Tidur yang Sempit)

Lepas Aksesoris Sofa
Cara membasuh sofa kain yang ketiga ialah melepaskan seluruh pernik yang kita pasang pada Jasa cuci sofa Anda. Kain penutup punggung sofa dan bantal tambahan. Cuci kain ekstra sofa tersebut supaya tampak baru juga. Bantal sofa dapat Anda jemur guna menghilangkan debu dan jamur yang bersarang di dalamnya. Sehingga sofa beserta aksesorisnya pulang terlihat baru. (baca juga: Cara Membersihkan Debu di Rumah dengan Efektif)

Bersihkan Noda Sisa Minuman
Cara membasuh sofa kain keempat ialah membersihkan noda-noda minuman yang tumpah di atas permukaan sofa kain. Apabila noda telah terlalu lama dibiarkan, noda tersebut sulit sekali hilangnya sebab warnanya terserap oleh pori-pori kain. Cara ini memerlukan deterjen lembut yang sesuai untuk sofa kain Anda. kerjakan uji jajaki dulu pembersih sofa yang kita punya di unsur lipatan sofa yang tak terlihat. Sehingga dapat menyebabkan warna pudar mendadak, dengan kata lain pembersih itu tidak sesuai untuk sofa kain Anda. (baca juga: Desain Ruang Tamu Minimalis yang Unik dan Mewah)

Sikat lembuh noda-noda yang terdapat di permukaan sofa kain dengan sikat bekas yang sudah dicelup sabun atau deterjen lembut. Hindari pembersih cair yang berisi silikon. Sebab silikon akan memblokir pori-pori sofa kain berjenis vinyl. Hal ini mengakibatkan sofa kain menjadi kaku dan kasar. Sehingga tidak nyaman lagi bila diduduki. (baca juga: Cara Pasang Otomatis Pompa Air Listrik)

Cuci Sofa Kain dengan Air Sabun
Cara membasuh sofa kain yang kelima ialah mulai mencucinya dengan air sabun. Pastikan pada sofa kain kita ada kode W atau S/W. Kode W dengan kata lain perabot sofa kain kita aman dibersihkan menggunakan air. Sedangkan kode S/W dengan kata lain perabot itu harus memakai kombinasi pembersihan kering atau memakai pasta. (baca juga: Tips Menata Rumah Agar Rapi)

Setelah yakin sofa kain kita mempunyai kode W, maka waktunya membersihkannnya dengan air sabun yang lembut memakai sikat. Tidak perlu terlampau basah supaya air tidak meresap ke unsur busa bantalan sofa. Setelah semua bagian sofa kain Anda sudah tersabun dengan merata, tunggu lima sampai sepuluh menit supaya sabun bereaksi mengusung kotoran dari serat kain sofa kain. Selanjutnya bilas busa sabun dengan kain bersih yang lembab. Selanjutnya keringkan sofa kain kita dengan teknik diangin-anginkan. Atau dapat juga dengan kipas angin. Menggunakan pengering hair-dyer boleh tetapi tidak dianjurkan terlalu lama dan tidak jarang karena dapat membuat kain menjadi kaku. (baca juga: Desain Pintu Geser Rumah Minimalis)

Terakhir, bermukim semprotkan parfum pada permukaan sofa kain Anda supaya berbau haru. Anda dapat memilih parfum dengan wewangian yang digemari seluruh anggota keluarga. (baca juga: Kelebihan dan Kekurangan Menggunakan Wallpaper Dinding)

Cuci Sofa Kain dengan Pasta
Apabila kita mempunyai sofa dengan kode S/W dengan kata lain Anda butuh mencucinya dengan memakai pasta bukan air sabun. Caranya juga lumayan mudah dan simpel. Anda melulu memerlukan perlengkapan kanebo, kain lap, dan pasta pembersih sofa yang dapat didapatkan di toko peralatan kesucian rumah. (baca juga: Tips Memilih Partisi Ruangan Minimalis Modern dan Etnik)

Setelah semua perlengkapan siap, Anda dapat langsung mengawali pencucian dengan cara kering atau pasta. Caranya, semprotkan pasta ke unsur permukaan sofa kain. Diamkan selama sejumlah saat supaya noda-noda membandel di atas permukaan sofa kain terangkat dan gampang dibersihkan. Selanjutnya belai dengan kain bersih, merata ke semua permukaan sofa. Setelah lumayan bersih, maka keringkan permukaan sofa memakai kanebo atau dapat juga memakai penyedot debu supaya tidak meninggalkan sisa-sisa debu pasta di permukaan sofa. (baca juga: Tips Membersihkan Kamar Mandi Secara Alami)

Terakhir sesudah bersih dari saldo pasta, semprotkan parfum ke permukaan sofa kain danbiarkan sejumlah saat supaya kering. Anda dapat menggunakan kipas angin guna mengeringkannya. (baca juga: Tips Memilih Sofa yang Awet dan Nyaman)

baca juga: Tips Merawat Peralatan Rumah Tangga

Demikian teknik mencuci sofa kain sendiri, baik dengan kiat air sabun maupun dengan kiat pasta. Lima tahapan yang lumayan simple guna Anda kerjakan sendiri di rumah. Semoga bermanfaat. ()

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *