Hal Yang Perlu Di Perhatiakn Saat Ujian

Usahakan lo punya tidak banyak spare waktu guna kembali ke Soal dan Pembahasan yang dilewati/gak sempet dikerjain.

Kemungkinan lo udah dapat nebak point gua di tips nomor 4 ini. Yah, intinya sesudah lo sukses ngerjain soal cocok target di masing-masing section dengan lumayan merata, usahakan lo masih nyisain tidak banyak waktu guna ngulang soal yang gak sempet atau lo lewatin. Lo juga dapat gunakan masa-masa terakhir ini guna hal-hal beda yang gak kalah pentingnya, seperti memeriksa ulang kelengkapan informasi dalam eksemplar jawab, pastikan nomor peserta ujian bener, penulisan nama bener cocok dengan kartu ujian, pembulatan dalam LKS PBT telah rapih, dll.

 

Khusus guna menjalankan tips ini, seringkali gua punya trik tersendiri untuk menciptakan simbol/tanda tertentu sepanjang ujian untuk mempermudah gua memperhitungkan waktu spare time ini dengan lebih efektif. Maksudnya gimana tuh? Maksudnya, dalam sepanjang gua ngerjain soal ujian… gua seringkali meninggalkan jejak berupa simbol di masing-masing soal yang gua kerjain. Simbol yang gua pakai laksana ini, lo bebas kalo inginkan niru atau buat simbol tersendiri:

 

Simbol bintang (☆) : soal yang gua anggap gampang & dapat langsung dikerjain dengan cepat.

Simbol segitiga (△) : soal yang kira-kira gua tau metodenya tapi perlu waktu lama guna menyelesaikannya.

Simbol lingkaran (o) : soal yang gua anggap susah dan sungguh-sungguh belum tau gimana teknik ngerjainnya.

Simbol kotak (□) : soal yang aneh, bisa jadi salah ketik soal / gak terdapat jawabannya.

Jadi teknik kerjanya gini, sepanjang gua ngerjain soal terus langsung ketemu jawabannya (gua yakin jawaban gua bener), gua bakal langsung kasih tanda bintang (☆) di pinggir soalnya. Begitu ketemu soal yang kira-kira akan lama kerjainnya, gua lewat dulu namun gua kasih tanda segitiga (△), begitu gua ketemu soal yang sulit, asing, dan bisa jadi besar gua gak akan dapat ngerjain, gua lewatin soalnya terus gua kasih tanda lingkaran (o). Terakhir, begitu ketemu soal yang gua pikir agak aneh, salah ketik soal, atau gak terdapat jawabannya sebenarnya soalnya mudah, gua kasih tanda kotak (□).

 

contoh simbol zenius

illustrasi memberi tanda pada masing-masing soal ujian

Nah, dengan lo memberi simbol di masing-masing nomor soal laksana ini. Lo jadi dapat mengalokasikan masa-masa spare time lo di masa injury time ujian dengan lebih terarah. Kalo gua sih seringkali kalo masih ada saldo waktu, kesatu kali langsung konsentrasi ke soal yang tanda segitiga (△) dulu, baru kalo masih ada masa-masa masuk ke yang tanda lingkaran (o) dan kotak (□). Oh iya, dengan memberi tanda laksana ini… gua juga seringkali jadi punya prediksi score akhir gua sebab gua udah dapat kira-kira berapa tidak sedikit nomor yang gua PEDE tentu jawabannya bener, berapa nomor yang masih ragu, dan berapa nomor yang tentu salah sebab gua kosongin.

 

Terlepas dari itu, sekali lagi gua inginkan tegaskan bahwa ini mungkin sesuai sama lo, mungkin pun nggak. Buat lo yang ngerasa teknik ini ribet, gak butuh diikutin, jalani aja teknik yang menurut keterangan dari lo nyaman dan buat lo kian pede ngerjain soalnya. Buat lo yang penasaran pengen ngikutin teknik kayak gue, lo bisa tidak sedikit latihan melewati Try Out Mandiri agar lo terbiasa dengan teknik seperti ini.

 

Teknik ngisi LKS PBT agar gak buang-buang waktu.

Okay, tips nomor 5 ini khusus bikin lo yang ikut ujian PBT. Jadi bikin lo yang rencananya nanti ikut ujian secara CBT, dapat langsung skip unsur yang ini. Nah untuk lo yang rencananya ikut ujian PBT, seringkali salah satu tantangan yang nyebelin merupakan: proses ngebuletin jawaban di eksemplar jawab LKS ingin makan tidak sedikit waktu.

 

Yak, ini memang di antara masalah sepele yang dapat jadi nyebelin, lagipula kalo lo terbiasa tiap kali nemu jawaban langsung ngebuletin. Apalagi lagi kalo anda sadar belakangan kalo jawaban anda salah, terus mesti ngehapus jawaban, LJK jadi kotor deh atau bahkan dapat sobek. Belum lagi kalo lo anaknya OCD (perfeksionis), yang suka gemes gak jelas kalo buletannya gak sempurna, dapat jadi lo justeru gak konsentrasi sama soal namun jadi gemes sama LJK sebab pengen buletin ulang jawaban sebelumnya yang kotor sebab kegesek tangan atau buletannya gak rapih… Wah kacau deh buang masa-masa abis!

 

Oke, guna masalah lo dalam ngebuletin LJK, ini tips dari gue: tiap kali lo nemu jawaban yang lo anggap bener (seyakin apapun jawaban lo), tidak boleh langsung buletin sarat LJK lo! Lo tandain aja di pilihannya pake urek2 tipis yang mudah dihapus namun masih dapat terlihat. Jadi lo gak buang-buang waktu guna buletin jawaban dan lo dapat langsung lewat ngerjain nomor yang lain. Dari empiris gua dulu, ini bakal semakin mempercepat proses lo ngerjain soal.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *