Manfaat Pasar Tenaga Kerja Untuk Masyarakat

 

Pasar tenaga kerja pjtki resmi merupakan tahapan yang ideal untuk menjangkau kestabilan situasi perekonomian ketika ini. Karena situasi ekonomi yang tidak stabil salah satunya diakibatkan oleh banyaknya pengangguran dan minimnya peluang kerja. Dengan lebih mengefektifkan pasar tenaga kerja, maka pengangguran dan kesempatan kerja dapat menjangkau keseimbangan. Dan perkembangan perekonomian bisa meningkat.

Penjual tenaga kerja ialah para pencari kerja (pemilik tenaga kerja) sementara pencari tenaga kerja ialah orang/perusahaan/lembaga yang membutuhkan tenaga kerja. Pasar tenaga kerja adalahsarana yang mempertemukan semua pencari kerja dan perorangan/lembaga/badan usaha yang sedang menggali tenaga kerja. Agar terjangkau suatu situasi dimana terbuat win win solution, penjaja tenaga kerja mendapatkan kegiatan yang cocok dengan kapasitas dan kompetensinya serta pencari tenaga kerja menemukan solusi untuk permasalahan tenaga kerjanya. Terwujudnya hubungan yang sinergis antara kedua pihak tersebut memerlukan kerjasama yang baik dengan melibatkan pemerintah juga.

Para pelaku tenaga kerja terdiri dari :

1. Pencari Kerja

Perorang yang menggali pekerjaan dengan sekian banyak motifnya antara lain sebab memang tidak punya pekerjaan/menganggur, putus hubungan kerja, atau orang yang telah bekerja tetapi menginginkan pekerjaan yang lebih baik yang cocok dengan pendidikan, minat, bakat dan keterampilan yang dimiliki.

2. Pemberi Kerja

Perorangan/pengusaha/lembaga/badan hukum atau badan-badan lainnya yang memperkerjakan tenaga kerja dengan menyerahkan imbalan berupa upah/intensif/gaji.

3. Perantara

Lembaga atau media atau pihak ketiga (head hunter) yang memfasilitasi pertemuan antara job seeker dan job hunter. Sebagai imbalannya, head hunters bakal mendapatkan komisi atau fee dari perusahaan atau persentase gaji yang diterima oleh pekerja tersebut.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *