Proses Mudah Naturalisasi WNA Menjadi WNI Tanpa Bantuan Agen Biro Jasa

 

Hai teman-teman, anda mempunyai anggota family yang menikah dengan penduduk negara asing? Atau barangkali teman-teman sendiri yang menikah dengan penduduk negara asing? Daaaan si penduduk negara asing itu mau naturalisasi menjadi penduduk negara Indonesia? Dan anda kamu ngurus sendiri proses menjadi kewarganegaraan Indonesianya?

Jangan kuatir, pengurusan naturalisasi WNA menjadi WNI sebetulnya tidak sulit kok. Asalkan seluruh persyaratannya diisi dengan baik. Jadi sebelum mengemukakan permohonan naturalisasi WNA menjadi WNI, mengekor suami atau istri yang Indonesia, lengkapi dulu pengetahuan persyaratannya, biar nantinya kita ngga merasa dipimpong atau dioper sana sini oleh petugas yang bersangkutan. Atau juga kamu ngga butuh harus bolak balik lagi ke ke kantor kelurahan melulu untuk meminta Surat Keterangan Jalan WNA

Karena saat saya menolong mengurus naturalisasi suami kawan saya, saya hingga merasa putus harapan karena lelah dioper sana sini oleh petugas. Ada saja surat yang kurang, yang mesti dilengkapi. Bolak balik gituuu terus. Sehingga lama proses naturalisasi ini menjangkau setahun. Bayangkan, satu tahun loh yaaa… Sampai saya ngoceh-ngoceh curhat sama petugasnya juga.

Dokumen-dokumen persyaratan yang mesti dilengkapi oleh pasangan suami istri WNA – WNI ini lumayan banyak. Mulai dari surat penjelasan dari kelurahan yang mesti dibuka dari surat pendahuluan dari RT yang ditandatangani oleh RW, baru lantas ke kelurahan lagi. Dan tersebut terjadi berulang-ulang, ke RT-RW, dan pun ke kelurahan. Sampai-sampai saya jadi dikenal bangat sama petugas kelurahan, hahaha.
Jadi ya, saya ngga inginkan suami atau istri Indonesia yang suami atau istrinya WNA-nya inginkan menjadi WNI, merasakan kesusahan, kerepotan atau kendala yang sama laksana yang pernah saya alami saat mengurus naturalisasi suami kawan saya. Dimana saya saat tersebut saya bolak balik berkali-kali ke RT-RW dan kantor kelurahan. Saya hanya bercita-cita postingan ini menolong memudahkan mereka mengurus seluruh dokumennya sendiri tanpa melewati calo.
Oya, asal tau saja, pengurusan lewat calo dapat menghabiskan ongkos sekitar paling tidak 50 juta (iya, 50 juta), tersebut yang dicerminkan oleh semua calo yang pernah iseng-iseng saya tanyai. Sementara bila mengurus sendiri, ongkos resmi yang anda keluarkan melulu sekitar (maksimal) 6 juta saja, di luar ongkos fotokopi yang seabrek-abrek dan ongkos transportasi bolak balik ke sana sini. Di kelurahan sendiri tidak ada ongkos yang dikeluarkan sama sekali, kecuali di RT dan RW sekadar duit terima kasih yang diserahkan secara sukarela saja.
Berikut ini, dokumen-dokumen yang musti disiapkan oleh suami istri Indonesia guna mengurus naturalisasi suami/istri yang WNA.
1. Membuat sejumlah surat pengakuan dan surat penjelasan oleh suami/istri WNI yang ditandatangani RT/RW guna pengurusan surat penjelasan dari kantor kelurahan. Contoh surat pernyatannya terdapat di sini, di sini, di sini dan di sini.
2. Meminta sejumlah Surat Keterangan RT yang cocok dengan surat pengakuan atau surat penjelasan yang diminta suami/istri WNI. Dengan mengurus Surat Pernyataan/Keterangan yang ditandatangani RT/RW, dan Surat Keterangan RT sekaligus, kita ngga mesti bolak balik ke RT/RW. Dan juga, Anda dapat langsung mengurus seluruh surat penjelasan tersebut Kantor Kelurahan sekaligus juga, nggak bolak balik lagi. Jadi, irit waktu dan biaya.
3. Menyiapkan seluruh dokumen guna proses penciptaan Surat Keterangan Imigrasi atau SKIM. Bagi proses penciptaan SKIM ini dapat dilakukan di kantor imigrasi yang terdekat dengan lokasi tinggal. Tapi seandainya Anda bermukim di Jabotabek, enaknya buat di Kantor Imigrasi Jakarta Selatan.
4. Membuat KTP WNA oleh suami/istri WNI guna suami atau istri WNA di Kantor Dinas Dukcapil Provinsi.
5. Membuat Surat Keterangan Kelakuan Baik dari Kepolisian dan Kantor Kepolisian Daerah (Polda). Ini dapat dilakukan di sela-sela menantikan dokumen pada proses pengurusan dokumen lainnya. Supaya Anda dapat mengefisienkan masa-masa Anda.
6. Melegalisir sejumlah dokumen yang dibutuhkan yang diminta oleh Kantor Kemenkumham Provinsi di instansi yang berkaitan.
7. Mengurus Surat Keterangan Kesehatan Jasmani dan Rohani di lokasi tinggal sakit nasional, namun ini dilaksanakan setelah suami/istri WNA Anda menemukan SKIM.
8. WNA mesti menghapal pancasila dan lagu Indonesia Raya, serta Surat Pernyataan Bisa Berbahasa Indonesia.
Semoga artikel ini dapat membantu kita yang sedang mengurus proses naturalisasi suami/istri kita yang WNA menjadi WNI. Dan masih akan ada lagi artikel lanjutan mengenai proses naturalisasi WNA menjadi WNI.

Customer Service Fauzi HP/whatsapp XL: +6287727688883

Customer Service Slamet HP/whatsapp XL :+6287776370033

Customer Service Akhmad HP/whatsapp Simpati : +6281290434111

Customer Service Mame HP/whatsapp Simpati : +6282114441424

Proses Dokumen Ida HP/Whatsapp Simpati : +6281282474443

Hukum/Pengadilan Takim HP/Whatsapp XL: +6287784767914

Pickup Document Yatno HP/Whatsapp XL : +6287727356800

Complain HP/Whatsapp Simpati : +6281386251161

Telp kantor : +622122008353 dan +622122986852

Atau dapat menghubungi kami via :

Email: jangkargroups@gmail.com
Telegram : t.me/jangkargroups
Twitter:@fauzimanpower
FB: pt jangkar global groups
Instagram : jangkargroups
Google Playstore : jangkarapps
Google Plus : Akhmad Fauzi Manpower
Youtube : jangkar tv
Linkedin : Akhmad Fauzi Manpower

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *