Raja Ampat Surganya Indonesia Di Ujung Papua

Belum berlalu sampai di kekayaan alam saja, Raja Ampat pun memiliki sekian banyak  kebudayaan dan kesenian yang paling unik dan menarik. Beberapa desa di Raja Ampat memang telah mengukuhkan eksistensi mereka sebagai desa wisata, salah satunya ialah Desa Arborek. Desa arberek ini adalah salah  satu pulau kecil ini yang memiliki banyak sekali berbagai kesenian, mulai tarian-tarian tradisional, makanan Sinole yang diciptakan dari sagu, sampai kerajinan anyaman daun pandan khas Arborek yang telah diwariskan secara turun-temurun antar generasi. Desa Arborek hanyalah satu diantara desa-desa beda dengan keunikannya masing-masing.

Berbagai peninggalan sejarah pun tidak sedikit ada di Kepulauan yang mempunyai ikatan dengan kesultanan Tidore, Maluku ini. Mulai dari beberapa penduduknya yang mempunyai darah kerajaan Tidore Maluku, peninggalan-peninggalan perang dunia ke 2, hingga gua-gua dengan lukisan tangan khas insan purba juga tersebar luas di Raja Ampat. Mempelajari keanehan Raja Ampat seolah tidak terdapat habisnya, berikut yang menciptakan kepulauan ini begitu berjaya sampai saat ini.

Betapa kayanya alam, sejarah dan kebiasaan Kepulauan Raja Ampat, sehingga menciptakan dunia berdecak kagum. Kini Raja Ampat telah menjadi di antara tujuan wisata familiar di dunia, melulu saja sebab akses yang terbatas, guna mencapainya diperlukan ongkos yang tidak sedikit. Namun, tidak butuh khawatir, Raja Ampat semakin hari semakin membenahi diri dengan menyediakan sekian banyak  fasilitas untuk seluruh kalangan. Penginapan berbentuk resort dengan harga mahal sampai motel kecil nan murah akan gampang kita jumpai di Raja Ampat. Para wisatawan melulu perlu lebih arif untuk mengawal kepulauan estetis ini supaya selalu terjaga agar keindahannya bisa terus dinikmati sampai generasi-generasi berikutnya.

Sebagai penutup, alam estetis nan elok Raja Ampat ini tidak lepas dari kisah-kisah legenda yang telah diandalkan  turun-temurun oleh semua masyarakat pribumi Raja Ampat. Konon, nama Raja Ampat dipungut dari tujuh telur yang ditemukan oleh seorang perempuan leluhur mereka. Empat diantaranya menetas menjadi empat orang pangeran yang besok menjadi Raja atas 4 pulau besar Waigeo, Salawati, Batanta, dan Misool. Sedangkan 4 lainnya menjadi hantu, seorang perempuan dan suatu batu. Kisah berikut yang secara tradisi diandalkan  oleh masyarakat setempat sebagai mula mula berdirinya Raja Ampat. Memang masih sulit diandalkan  secara akal sehat, tetapi bila kita mendalami lagi maknanya, alam Raja Ampat ialah sebuah lokasi sakral layaknya kerajaan yang mesti tetap dipertahankan dari kehancuran dan kehancuran.

#paket tour raja ampat, #paket wisata raja ampat, #private tour raja ampat, #raja ampat, #raja ampat tour package

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *